2017/03/28

image

Mengenal Lebih dalam Internet Marketing

Konsep dasar internet marketing penting untuk kita ketahui agar kita lebih mudah dalam menjalani apapun model bisnis yang ada di dalam internet marketing, ketika kita paham konsep ini kita bisa menentukan langkah demi langkah atau tahapan-tahapan ketika menjalankannya.

Pada dasarnya kita hanya perlu memahami secara detail apa itu sumber penghasilan atau model bisnis dan sumber traffic yang ada di dunia internet marketing secara kemudian kita berusaha mengkombinasikannya agar bisnis yang kita lakukan bisa menghasilkan.

Tidak semua sumber traffic yang ada bisa cocok dengan tipe sumber pengahasilan yang kita pilih, ada model bisnis yang cocok dengan sumber traffic yang ini namun belum tentu cocok dengan sumber traffic yang lainnya, diperlukan kejelian dan riset yang tepat agar kita bisa mengkombinasikan keduanya.

Berikut beberapa konsep dasar yang perlu diketahui didalam dunia internet marketing:

Sumber Penghasilan

Sumber penghasilan di dunia internet marketing memang sangatlah banyak bahkan bisa disebut tidak terbatas, karena pada dasarnya kita bisa meng-onlinekan hampir semua bisnis offline namun kita belum tentu bisa meng-offlinekan semua bisnis online.

Walaupun sumber penghasilan ini banyak sekali macamnya, namun kita hanya perlu memilih salah-satu sumber penghasilan saja, fokus didalam satu model bisnis merupakan salah satu kunci sukses di dalam dunia internet marketing.

Sangat banyak orang khususnya pemula yang baru terjun di dunia internet marketing yang mengalami kegagalan dikarenakan terlalu banyak memilih model bisnis yang dilakukan secara bersama-sama, jelas ini merupakan tindakan yang sangat fatal.

Ketika kita bisa menguasai satu saja model bisnis yang kita pilih secara detail dan sampai menghasilkan, maka dengan mudah kita mencoba model bisnis lainnya sebagai sumber penghasilan yang bisa meningkatkan income buat kita.

Perlu diingat bahwa sebagus apapun model bisnis atau sumber penghasilan yang ada atau yang sedang booming, maka pastilah dibalik model bisnis tersebut membutuhkan usaha, riset dan modal yang cukup banyak ketika memulainya.

Jangan mudah tergoda terhadap tawaran-tawaran yang datang kepada kita, hal itu bisa membuat kita gagal fokus terhadap apa yang telah kita lakukan, sehingga akhirnya tahapan dan usaha yang kita lakukan menjadi sia-sia dan akhirnya kita menjadi menyerah.

Semua model bisnis memiliki peluang yang hampir sama, tinggal bagaimana kita menjalaninya dengan penuh kesabaran dan motivasi yang tinggi agar kita bisa menjalani tantangan yang kita hadapi didalam menjalankan model bisnis yang kita pilih.

Berikut ini beberapa model bisnis yang cukup popular yang bisa kita pilih di dalam dunia internet marketing:

Menjual produk sendiri

Apabila kamu seorang wirausahawan atau seseorang developer yang memiliki produk yang layak dijual, maka dengan menggunakan media internet atau internet marketing kamu bisa menjual produk tersebut dengan lebih banyak menjangkau calon pelanggan baru.

Produk yang dipromosikan bisa berupa produk fisik atau produk digital yang layak jual atau yang memiliki manfaat bagi masyarakat luas, kamu bisa mentarget orang-orang yang memiliki minat terhadap produk yang kamu promosikan tersebut.

Kamu juga bisa membuat atau menyediakan produk yang sedang dibutuhkan orang,yaitu dengan cara melakukan riset sederhana baik itu dilakukan di social media ataupun di search engine.

Menjual service atau jasa

Apabila kamu memiliki keahlian atau keterampilan yang bisa kamu jual, maka dengan media internet kamu juga bisa lebih mudah menjangkau orang-orang yang membutuhkan jasa yang kamu buka tersebut.

Jasa-jasa yang umum dilakukan di dalam dunia internet marketing adalah seperti jasa pembuatan website, penulis artikel, jasa optimasi search engine dll. Intinya jasa tersebut ada peminatnya atau dibutuhkan oleh orang banyak.

Affiliate marketing

Affiliate marketing adalah teknik marketing yang dilakukan dengan cara mendatangkan visitor untuk web atau halaman penjualan yang dimiliki oleh orang lain, dan ketika visitor kita datangkan tersebut melakukan pembelian maka kita medapatkan komisi sesuai yang telah disepakati.

Teknik affiliate marketing cukup populer dilakukan terutama bagi mereka yang tidak memiliki produk untuk dijual atau mereka yang tidak ingin ribet mengurusi urusan penjualan maupun distribusi barang.

Metode yang digunakan adalah dengan cara menggunakan link tracking dimana setiap affiliate marketer diberikan link tracking yang unik untuk dijadikan url tujuan dari visitor yang akan dia datangkan.

Tempat atau merchant affiliasi yang sering dipilih oleh affiliate marketier di Indonesia adalah amazon dan clickbank.. untuk affiliasi lokal bisa mendaftar di lazada, bhineka, yubi store atau untuk produk digital bisa mendaftar di ratakan.com dll.

Periklanan atau advertiser

Apabila kamu sudah memiliki blog atau website yang sudah memiliki visitor harian yang cukup banyak, maka kamu bisa membuka program periklanan sendiri, program periklanan ini termasuk model bisnis yang paling mudah dilakukan.

Akan tetapi tidak semua niche atau topik bahasan memiliki pengiklan, jadi apabila kita hendak membuka program periklanan, kita bisa memilih niche atau tema bahasan yang kira-kira memiliki banyak produk untuk dijual agar banyak orang yang menginginkan untuk menempatkan iklan di website kita.

Niche atau topik website yang memiliki banyak pengiklan diantaranya adalah niche otomotif, busana muslim, internet marketing atau produk-produk kecantikan dimana wanita adalah calon costumer yang sangat loyal dalam pembelian online.

Akan tetapi saya tidak menyarankan untuk mengikuti program periklanan yang dilakukan oleh pihak atau perusahaan manapun, dimana kita tidak memiliki kontrol Penuh atas iklan yang ditampilkan, bahkan kita tidak mengetahui iklan apa saja yang ditampilkan di website kita tersebut.

Broker Domain

Broker domain adalah proses membeli domain yang unik atau simple yang menjual dan memiliki peluang untuk dibeli oleh suatu perusahaan tertentu, domain-domain ini bisa kita beli dengan harga murah namun kita bisa menjualnya kembali dengan harga yang lebih mahal.

Misalkan kita membeli domain yang unik dan simple seperti mobil.com , motor.com atau rumahku.com, domain-domain ini memiliki nilai yang sangat menjual dan memiliki kemungkinan ada perusahaan atau perorangan yang memiliki bisnis di niche tersebut yang mau membeli domain yang sudah kita miliki.

Teknik yang digunakanpun sangat mudah, dimana kita tinggal mencari domain-domain yang unik dan menjual tadi, kemudian menjualnya di tempat listing domain seperti godaddy auction, sedo dll.

Cara lainnya adalah kita membeli sebuah domain yang tidak diperpanjang oleh pemiliknya (aged domain) namun domain tersebut memiliki kualitas yang baik seperti memiliki nilai authority yang tinggi dan memiliki backlink yang berkualitas.

Kita bisa menjual atau menawarkan agen domain yang telah kita beli tadi ke orang atau perusahaan yang berhubungan dengan jasa SEO, dan biasanya hasil penjualan yang terjadi memiliki nilai yang cukup besar apalagi kalau domain tersebut memiliki nilai atau kualitas yang baik.

Link Sales

Link sales adalah teknik didalam internet marketing dimana kita menjual link kepada seseorang atau perusahaan yang hendak mengoptimasi seuatu website tertentu,link sales ini cukup mudah dipraktekan.

Caranya, kita membeli agen domain yang memiliki kualitas baik dari segi SEO, kemudian kita buat web di domain tersebut, selanjutnya kita post beberapa artikel yang tidak memiliki link, buat minimal 5 post.

Selanjutnya kita bikin page yang berisi informasi penerimaan guest post bagi siapa saja yang berminat dengan mengijinkan menaruh beberapa link di postingan tersebut, asalkan artikel yang diberikan harus berkualitas.

Kemudian kita posting artikel yang berisi link tersebut dengan menambahkan atribut nofollow, dan setelah kita post kita kirim url-nya ke pemberi artikel tadi dengan menambahkan pesan “ ini url backlink anda, akan tetapi link didalamnya adalah link nofollow dan apabila anda menginginkan link menjadi dofollow, maka silahkan berikan donasi sebesar $15 perlink untuk kepentingan pemeliharaan website ini.

Dan biasanya mereka dengan senang hati untuk meberikan donasi tersebut, perlu diingat adalah target market untuk link sales ini adalah luar negeri karena mereka lebih memiliki kemampuan untuk membayar, kalau untuk local mereka kebanyakan hanya menginginkan gratisan, jadi web yang kita buat haruslah web Bahasa inggris.

Demikian beberapa contoh sumber penghasilan yang cukup popular dilakukan oleh para pelaku internet marketing baik di Indonesia ataupun di dunia, sebenarnya masih banyak yang lainnya namun kurang memiliki peminat mungkin karena konversi atau keuntungan yang didapat tidak begitu maksimal.

No comments:

Post a Comment

Sempatkan sedikit waktu untuk berkomentar